Tutorial Cara Mengatasi Saluran Air Mampet dengan Mudah

Cara Mengatasi Saluran Air MampetSaluran air merupakan salah satu bagian dalam sebuah bangunan yang kerap dilupakan perawatannya. Padahal, jika tidak rutin dibersihkan akan menimbulkan berbagai permasalahan, seperti mampet. Saluran air yang mampet biasanya akan menimbulkan bau yang kurang sedap.

Apakah penyebab saluran air mampet? Tentu saja ada beberapa hal yang kurang disadari dapat menyebabkan penyumbatan. Yuk, ketahui apa saja penyebab serta cara mengatasi saluran air mampet. Simak dengan seksama agar tak terjadi kekeliruan dalam prosesnya nanti.

3 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet yang Mudah

Saluran air mampet dapat disebabkan karena ada benda-benda yang masuk ke dalam saluran air, baik disengaja maupun tidak. Contoh saluran air yang kerap mampet antara lain saluran pembuangan kamar mandi, saluran wastafel, saluran kloset ataupun saluran selokan limbah rumah tangga. Ada beberapa cara mengatasi saluran mampet yang dapat Anda coba, antara lain

  1. Menggunakan Ular Drain

Ular Drain disebut pula sebagai ular ledeng. Alat satu ini merupakan kabel dari logam yang bersifat lentur dengan ujung berbentuk kerucut. Ular drain dilapisi dengan plastic sehingga Anda tak perlu khawatir saluran air tergores saat alat satu ini didorong-tarik dalam saluran.

  1. Menggunakan Soda Api

Soda api dapat digunakan untuk melancarkan saluran air apapun. Soda api bersifat basa sehingga mampu memusnahkan kotoran di saluran air yang mampet. Ada beberapa jenis soda api. Pastikan saat membeli Anda memilih soda api khusus untuk membersihkan saluran air. Anda bisa bertanya pada penjual atau melihat tulisan di kemasan.

Langkah yang perlu dilakukan adalah menyiapkan soda api, baik dalam bentuk cair ataupun bubuk. Sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan plastik dan masker untuk menghindari reaksi yang terjadi. Campurkan soda api dengan air panas dalam ember. Air panas berguna untuk mempercepat pelarutan soda api (dalam bentuk bubuk). Aduk rata lalu siramkan ke saluran air.

Tunggu hingga beberapa saat. Reaksi yang terjadi ditandai dengan munculnya suara gemuruh dari dalam saluran air. Saluran air sebaiknya jangan disiram air terlebih dahulu agar soda api berfungsi dengan maksimal. Anda bisa menambah larutan cuka agar hasilnya lebih maksimal. Cuka mampu menciptakan efek dorongan yang cukup kuat. Cara satu ini sebaiknya digunakan untuk saluran yang tidak mampet total.

  1. Menggunakan Alat Penghisap

Alat penghisap yang dimaksud adalah alat penghisap yang biasa digunakan untuk kloset. Alat ini berbentuk seperti tongkat dengan ujung terbuat dari karet dan berguna untuk menghisap. Agar dapat menggunakan alat satu ini, Anda harus memastikan bahwa ada air yang merendam area saluran. Jika saluran sedang kering, siramkan air hingga agak tergenang.

Selanjutnya letakkan alat penghisap di atas saluran air dan tekan dengan sekuat tenaga. Lakukan gerakan naik dan turun sebanyak 6 hingga 10 kali. Kemudian angkat alat penghisap dan cermati apakah benda sudah terhisap. Jika belum, coba tarik menggunakan kawat panjang. Anda bisa menggunakan hanger dari besi jika tidak ada kawat.

Itulah langkah-langkah yang layak untuk dicoba. Anda bisa memilih salah satu cara mengatasi saluran air mampet yang menurut Anda mudah. Jika ada saluran air yang mampet, segera lakukan cara-cara diatas. Jika dibiarkan, dikhawatirkan akan muncul dampak buruk bagi kesehatan penghuni rumah. Saluran air yang mampet dalam memicu berbagai penyakit.

Setelah dibersihkan, jagalah kebersihan saluran air. Hindari membuang larutan yang sukar dibersihkan ataupun benda lunak dan keras. Kembali ke kebiasaan lama hanya akan membuat saluran air kembali mampet dan timbul masalah baru. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Updated: 10/09/2018 — 8:28 pm
Kami Ahli Melancarkan Saluran Mampet / Tersumbat. Telpon / sms 081288544453 - 085782111394 Frontier Theme