Tutorial Berbagai Cara Mengatasi Pipa Mampet

Cara Mengatasi Pipa MampetAda beberapa macam pipa dalam sebuah bangunan. Pada umumnya, pipa digunakan untuk saluran pembuangan, baik kotoran maupun tampungan air hujan.  Adanya pipa sangat membantu proses penyaluran air. Oleh karena itu, sebaiknya dilakukan perawatan secara berkala agar kondisi dalam pipa tetap bersih.

Salah satu permasalahan pipa adalah adanya sumbatan sehingga menimbulkan kemacetan. Hal ini menyebabkan air dapat meluber kemana-mana. Ada beberapa cara mengatasi pipa macet. Pada ulasan kali ini akan dijabarkan bagaimana cara mengatasi pipa mampet dengan mudah.

Rekomendasi Cara Mengatasi Pipa Mampet yang Mudah

Saluran pipa dalam sebuah bangunan ditempatkan di beberapa titik. Jika Anda sumbatan yang menyebabkan pipa mampet, tentunya dapat merusak kebersihan bangunan. Lebih parahnya, dapat menimbulkan bau menyengat yang membuat tidak nyaman. Inilah beberapa cara mengatasi pipa yang mampet yang layak untuk dicoba

  1. Menggunakan Garam

Garam sangat efektif untuk melarutkan sumbatan yang bersifat tidak terlalu keras. Manfaat dari penggunaan garam antara lain mudah didapat, harga murah, tidak merusak pipa dan mampu mematikan mikroorganisme yang menempel di pipa.

Langkah yang pertama kali dilakukan antara lain mencampurkan garam sebanyak ½ kg dengan air panas sebanyak 5 L. Aduk hingga garam larut sepenuhnya. Kemudian, tuang pelan-pelan ke saluran yang tersumbat. Perlu diingat bahwa cara ini hanya dapat digunakan untuk pipa yang berbahan dasar logam atau metal.

  1. Menggunakan Plunger

Plunger merupakan alat sedot yang berbentuk seperti tongkat namun dilengkapi dengan karet penyedot di ujung alat. Alat ini bisa Anda dapatkan di toko bangunan. Plunger yang bagus memiliki moncong di sisi ujung. Sebaiknya pilihlah plunger yang bagus agar daya serapnya optimal.

Cara mengatasi pipa mampet dengan plunger cukup mudah. Pertama, kuraslah air yang menggenang di saluran. Setelah itu, posisikan plunger di lubang saluran. Pastikan lubang tertutup rapat sehingga alat mampu berfungsi dengan maksimal. Jika masih ada rongga, Anda dapat menyumbal dengan karet.

Pompa alat tersebut berkali-kali sehingga air bisa mengalir dengan lancar. Manfaat dari plunger ini banyak, misalnya bebas dari bahan kimia serta air panas yang berbahaya bagi pipa PVC ataupun Anda. Cara yang satu ini dapat digunakan untuk mengatasi sumbatan benda yang keras.

  1. Menggunakan Baking Soda

Cara ini terbilang cukup praktis dan cepat. Anda tak perlu membongkar pipa untuk membersihkan sumbatan yang ada. Selain untuk mengatasi pipa mampet, cara yang satu ini juga dapat digunakan untuk mencegah pipa mampet lebih awal. Caranya adalah dengan menyiapkan baking soda dan cuka. Kedua bahan ini bisa didapatkan dengan mudah di toko bahan kue.

Masukkan baking soda ke saluran pipa. Setelah itu, siramkan cuka ke saluran. Tunggu beberapa saat hingga cuka menyiram pipa dengan merata. Kemudian siramkan air panas hingga semua bagian dalam pipa terkena. Langkah terakhir adalah membilas dengan air dingin sebanyak-banyaknya.

  1. Menggunakan Kabel Auger

Cara yang satu ini cocok untuk mengatasi kemampetan di pipa yang pendek meskipun tidak lurus. Pastikan panjang kabel sesuai dengan pipa yang mampet. Langkah yang perlu dilakukan antara lain melakukan dorong dan tarik kabel di dalam pipa. Ulangi beberapa kali hingga sumbatan hancur dan larut dengan air. Cara ini tergolong efektif untuk mengeluarkan sumbatan.

Anda tinggal memilih cara yang menurut Anda mudah untuk dilakukan serta tersedia alatnya. Tak perlu repot memanggil teknisi karena cara ini dapat Anda lakukan sendiri. Untuk mengatasi hal ini terulang, hindari membuang sesuai yang berlemak pada saluran air agar pipa tetap bersih. Selamat mencoba. Semoga berhasil ya!

Updated: 10/09/2018 — 6:00 pm
Kami Ahli Melancarkan Saluran Mampet / Tersumbat. Telpon / sms 081288544453 - 085782111394 Frontier Theme