6 Cara Mengatasi Kloset Mampet dengan Mudah

kamar-mandiWC merupakan bagian dari rumah yang penting. Rumah yang sehat tentunya dilengkapi dengan WC yang didesain dengan baik, dari sini sirkulasi udara maupun pelengkap WC seperti kloset.

Kloset didesain agar kotoran yang masuk ke kloset dapat disalurkan dengan sempurna ke septictank. Dengan desain sedemikian rupa, diharapkan kotoran manusia yang dibuang di kloset dapat tersalurkan dengan baik.

Ada beberapa masalah yang dapat mengakibatkan WC menjadi kotor serta berbau tak sedap, yakni adanya kemampetan pada kursi. Lantas bagaimana mengatasinya? Simak penjelasan ini yang akan membahas beberapa cara mengatasi kloset mampir dengan cepat.

5 Cara Mengatasi Kloset Mampet dengan Mudah

Kloset yang mampet bisa disebabkan oleh beberapa hal. Antara lain adanya benda seperti tisu yang masuk dalam kloset. Jika tidak diatasi, hal ini dapat menyebabkan banjir di WC. Air yang keluar dari kloset tentunya adalah air yang kotor.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk membersihkan kloset yang mampet. Berikut adalah cara mengatasi kloset mampet yang terbilang mudah. Alat atau bahan yang digunakan pun bisa didapatkan dengan mudah di rumah atau dibeli di toko terdekat.

  1. Menggunakan Soda Api

Soda api memiliki nama lain natrium hidroksida. Senyawa ini jika bereaksi dengan air akan memunculkan gelembung. Reaksi ini akan membantu Anda untuk melenyapkan kotoran yang meyebabkan kloset mampet.

  1. Menggunakan Sabun

Sabun yang dapat digunakan misalnya sabun cuci pring yang berbentuk cair. Tuangkan sabun cair sebanyak 30 ml. Setelag itu siramkan air panas. Tunggu hingga beberapa menit lalu siramkan air. Sabun berfungsi untuk melarutkan sumbatan serta mendorong sumbatan melewati saluran WC.

  1. Menggunakan Alat Penyedot

Cara mengatasi kloset mampet yang lainnya adalah dengan bantuan alat sedot kloset. Alat penyedot WC merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi penyumbatan kloset. Pilihlah alat yang memiliki daya hisap yang mampu berfungsi optimal. Alat penghisap yang bagus biasanya dibuat dari bahan kare yang tebal sehingga mampu menghisap lebih kuat.

  1. Menggunakan Soda Kue

Soda kue merupakan salah satu bahan kimia yang dapat digunakan untuk menghancurkan sumbatan di kloset. Agar lebih maksimal, tambahkan dengan larutan cuka.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyiramkan air panas ke dalam kloset. Penyiraman ini bertujuan untuk melunakkan serta mendorong sumbatas. Setelah itu, tuangkan larutan cuka dan soda kue, diamkan semalam.

Setelah melewati pagi hari, cek kloset apakah genangan sudah menghilang atau belum. Cobalah untuk menyiramkan air dan tunggu beberapa saat. Jika air kembali meluap, tandanya sumbatan berupa benda keras dan sukar dihancurkan. Cobalah untuk menggunakan benda tajam.

  1. Menggunakan Plumbing Snake

Inilah alat pembersih yang terbuat dari kawat dengan sifat lentur. Alat ini kerap digunakan untuk membantu menarik sumbatan. Plumping snake dapat mengikuti lekukan saluran kloset sehingga tidak menggores atau merusak dinding kloset.

Alat satu ini dapat menjangkau sumbatan dengan baik, khususnya sumbatan yang berbahan keras. Jika Anda tidak memiliki plumbing snake, Anda bisa membuat alat serupa dengan bahan yang ada, misalnya hanger yang berbahan kawat atau kawat panjang yang lentur.

Itulah beberapa cara mengatasi kloset mampet yang dapat Anda coba. Namun, alangkah baiknya jika sedari awal dihindari adanya sumbatan pada kloset. Hindari membuang sampah toilet seperti tissue atau popok ke dalam kloset.

Benda-benda tersebut sukar dihancurkan dan sangat berpotensi untuk menyumbat kloset. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Updated: 02/09/2018 — 9:35 pm
Kami Ahli Melancarkan Saluran Mampet / Tersumbat. Telpon / sms 081288544453 - 085782111394 Frontier Theme